Bekasi Peduli | Rutilahu Sukatani

Salah satu misi dari baznas Kabupaten Bekasi adalah pennagulangan kemiskinan dengan pemanfaatan pengelolaan zakat. Di Kabupaten Bekasi sendiri  angka kemiskinan meningkat, semula berada di angka 4,9 % tapi tahun lalu angkanya sudah di 11 %. Banyak faktor yang mempengaruhi angka kemiskinan tersebut seperti susahnya mencari lapangan pekerjaan, akses pendidikan yang terbatas hingga  iklim usaha yang tidak menentu.

Dari kemiskinan tersebut banyak aspek dalam kehidupan masyarakat yang terimbas speerti tidak bisanya anak sekolah dan rumah yang tidak layak huni. Di Kabupaten Bekasi sendiri sangat banyak rumah tidak layak huni yang masih didiami oleh masyarakat.

Melihat hal tersebut, Baznas Kabupaten Bekasi melalui program bedah rumah atau biasa disebut bantuan rumah tinggal layak huni (rutilahu). Selama setahun kemarin, Baznas sudah membantu menyalurkan zakat yang terkumpul untuk membantu membangun rumah-rumah masyarakat kabupaten bekasi yang tidak layak huni. Slah  satunya adalah rumah saudara jamhari di Kp Gandu Rt 001/Rw001 Desa Sukamulya Kecamatan Sukatani.

Rumah ini semula berdinding bilik yang sudah tidak ajeg dan beralaskan tanah. Baznas menyalurkan bantuan dengan dibantu masyarakat sekitar yang bekerja bakti merenovasi rumah Saudara Jamhari. Dalam waktu seminggu rumah selesai, kini tempat tinggalnya sudah  bertembok dan berlantai keramik.

“Sengaja mengajak masyarakat sekitar untuk ikut serta membangun rumah tetangganya agar menjadi rumah yang layak huni. Karena esensi zakat adalah kepedulian sesama” kata Azis selaku ketua Baznas saat kami memintai keterangan.

“Kami(Baznas) bisa saja membangun sendiri dengan tim, tapi kami tidak lakukan, kami sengajak mengajak masyarakat agar mengedukasi mereka juga agar mau peduli sesama.” Imbuhnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Online BAZNAS
1